Faktor Penyebab dan Dampak Penyimpangan Sosial



Pengertian penyimpangan sosial :
 
1.        Menurut  James W. Van Der Zanden
            Penyimpangan sosial adalah merupakan perilaku yang oleh        sejumlah orang dianggap sebagai hal yang tercela dan di luar batas      toleransi.
2.        Menurut Robert M.Z Lawang
             Bahwa perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang        menyimpang dari norma yang berlaku dalam sistem sosial dan menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dalam sistem itu      untuk memperbaiki perilaku menyimpang.
3.        Menurut Ronald A. Hordert
            Penyimpangan sosial adalah setiap tindakan yang melanggar     keinginan-keinginan bersama sehingga dianggap menodai kepribadian kelompok yang akhirnya si pelaku dikenai sanksi. 
            Selain tiga tokoh diatas, Hendropuspito dalam bukunya yang     berjudul sosiologi sistematik (1989), mengemukakan bahwa orang            atau    kelompok yang melakukan penyimpangan sosial tidak berarti mereka melepaskan diri dari segala pola sosial budaya. 
     
FAKTOR PENYEBAB PERILAKU MENYIMPANG

1.        Lingkungan pergaulan
           Lingkungan pergaulan sangat berperan dalam pembentukan sikap dan perilaku seseorang. Umumnya dalam bergaul seseorang akan mengamati lingkungan kelompoknya. Menurut Edwin H. Sutherland telah terjadi proses alih budaya (cultural transmission) dari kelompok orang yang menyimpang kepada individu tersebut. 

2.        
Dorongan Ekonomi
            Dorongan ekonomi seseorang mampu menjadi faktor penyebab munculnya penyimpangan. Pada dasarnya setiap orang mempunyai harapan-harapan untuk mempunyai penghidupan yang lebih baik terutama dalam hal ekonomi.

3. Keinginan untuk dipuji
 
    Dengan pujian, keberadaan kita sebagai manusia diakui, harga diri dan martabat menjadi meningkat. Oleh   karena itu, seseorang mampu  melakukan apapun untuk mendapatkan pujian termasuk melakukan penyimpangan sosial.

4. Pelabelan atau pemberian julukan 
     Faktor pelabelan pertama kali di ungkapkan  oleh Edwin M. Lemert dalam teori pelabelan. Menurutnya seseorang melakukan perilaku menyimpang diberi cap (label negativ) oleh masyarakat.
Gangguan jiwa atau mental
            Kondisi mental yang terganggu menjadikan seseorang 
     tidak mampu lagi memahami nilai dan norma yang ada.Akibatnya setiap perilaku yang dilakukan berupa penyimpangan sosial. 

6.  Pengaruh media masa 
            Melalui media masa,wawasan dan pengetahuan akan      dunia luar akan semakin bertambah.Namun,tidak dapat dimungkiri keberadaan media masa mampu memberi pengaruh buruk terutama anak-anak.

Faktor-Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial Menurut  James W. Van Der Zanden

1.        Longgar dan tidaknya nilai dan norma
            Ukuran perilaku menyimpang bukan pada    ukuran baik dan
     buruk,benar atau salah             menurut pengertian umum,melainkan           berdasarkan ukuran longgar tidaknya norma dan nilai sosial suatu         masyarakat.

2.        Sosialisasi yang tidak sempurna
            Di masyarakat sering terjadi proses sosialisasi yang tidak
  sempurna,sehingga menimbulkan             perilaku yang menyimpang.
3.        Sosialisasi sub kebudayaan yang menyimpang
            Perilaku menyimpang terjadi pada masyarakat yang memiliki nilai
       nilai sub kebudayaan yang   menyimpang, yaitu suatu            kebudayaan khusus          yang normanya bertentangan dengan          norma-          norma budaya yang dominan atau pada        umumnya.

Menurut Casare Lambroso Penyimpangan Sosial disebabkan oleh Faktor-Faktor :

1.        Faktor Biologis
            Orang melakukan penyimpangan sosial karena didukung oleh 
  bentuk-bentuk biologis yang             mendukungnya.

2.        Faktor Psikologis
            Menjelaskan sebab terjadinya penyimpangan ada kaitannya dengan
   kepribadian retak atau    kepribadian yang  memiliki kecenderungan  untuk melakukan   penyimpangan.

3.        Faktor Sosiologis
            Menjelaskan sebab terjadinya perilaku menyimpang ada             kaitannya dengan sosialisasi yang kurang            tepat.

DAMPAK PENYIMPANGAN SOSIAL

1.        Dampak penyimpangan sosial terhadap diri sendiri atau individu.
            a. Terkucil
                Umumnya masyarakat akan menolak segala bentuk                                          penyimpangan, akan mengucilkan pelaku                                                            penyimpangan di berbagai bidang kehidupan baik                                           hukum,sosial maupun budaya.
            b. Terganggunya perkembangan jiwa
                Secara umum pelaku penyimpangan sosial akan                                                 tertekan secara psikologis karena ditolak oleh                                        masyarakat, baik penyimpangan berat maupun                                                 penyimpangan ringan karena akan berdampak pada                                             perkembangan mental dan jiwanya.
            c. Rasa bersalah
                Seorang pelaku tindak penyimpangan tidak pernah                                           merasa malu, merasa bersalah bahkan merasa                                               menyesal telah melanggar nilai-nilai dan                                                             norma masyarakat.

            2. Dampak penyimpangan sosial terhadap masyarakat
                 Adapun dampak penyimpangan yang terjadi adala
a.     Dampak penyimpangan sosial terhadap masyarakat 
                            Hal ini dikarenakan setiap tindakan                                                          kejahatan,kekerasan,atau penyimpangan sosial                                          merupakan hasil pengaruh dari individu lain                                                             sehingga tindak kejahatan akan muncul berkelompok                                                dalam masyarakat.

b.     Memudarnya nilai dan norma
                Hal ini dikarenakan penyimpangan yang terjadi tidak mendapatkan sanksi yang tegas dan jelas  sehingga memunculkan sikap apatis pada pelaksanaan nilai dan norma yang berlaku. Nilai dan norma tidak mampu lagi mengatur setiap tindakan masyarakat.  Akhirnya nilai dan norma tidak lagi di pandang sebagai aturan yang meningkat.

c.      Terganggunya keseimbangan sosial
                Perilaku menyimpang itu merupakan penyimpangan melalui struktur sosial. Karena masyarakat merupakan struktur sosial, maka dampak penyimpangan pasti akan berdampak kepada masyarakat dan mengganggu keseimbangan sosialnya.

1 komentar:

Nadia Nur Fadhilah mengatakan...

makasih untuk infonya, ya :)

Poskan Komentar

Copyright 2009 Izzah Ruhama's Blog. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates